Sunday, May 10, 2020

,

Manusia dan kegelisahan









Kegelisahan adalah sebuah perasaan yang timbul apabila seseorang sedang menunggu sesuatu, seperti halnya saat menunggu sesuatu yang kita nantikan, namun ketika apa yang kita nantikan tersebut datang maka rasa gelisah tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Ada tIga jenis kecemasan yang sering dialami manusia. Kecemasan itulah adalah;


  •  kecemasan realistic
  • kecemasan moral
  • kecemasan neurotic.

(https://mamz.weebly.com/)



Sebab-sebab orang gelisa;
- Menghindari Masalah
- Penyangkalan
- Ekpektasi
- Ketidakyakinan
- Merasa Tidak berdaya
Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas, contoh kegelisahan yang satu ini seharusnya harus bisa diolah rasa ketakutanya didalam hati. karena contoh kegelisahan ini sifatnya duniawi, jika diikuti terus-menerus nafsu untuk terus mementingkan hal duniawi seperti itu, bisa-bisa manusia yang gelisah akan hal-hal tersebut bisa gila dibuatnya.
(https://pebyword.wordpress.com/)

berikut beberapa cara mengatasi kecemasan.
1. Yoga
2. Kurangi menggunakan social media
3. Terima kecemasan sebagai bagian dalam hidup
4. Lakukan yang terbaik dan berhenti menunda
5. Kenali gejala kecemasan
6. Ciptakan gaya hidup sehat

contoh mengatasi kegelisahan
Misalnya, kita menetapkan aturan tak lagi memakai ponsel setelah jam 10 malam, mempraktikkan konsumsi sayur setiap hari, atau olahraga selama 20 menit setiap hari. "Ketika gaya hidup sehat yang kita pilih telah melekat dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti bisa menambahkan banyak kebiasaan postif," kata Burton. "Mengontrol kebiasaan akan meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi kecemasan dengan meningkatkan rasa percaya diri," tambahnya. Cara ini juga menciptakan perasaan yang mampu mengendalikan hidup ketika situasi di sekitar kita terasa penuh tekanan. (https://lifestyle.kompas.com/)


Pengertian Keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing, asal kata dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain,atau terpencil. Jadi, keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpisah dari yang lain atau terpencil. (https://aisyahtyasmaharani.wordpress.com/)
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ. رواه مسلم
“Dari Abi Hurairah dia berkata, "Rasulullah S.A.W. bersabda : "Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasing." (H.R. Muslim)(https://badilag.mahkamahagung.go.id/)

Kesepian atau loneliness adalah suatu keadaan mental dan emosional yang dicirikan dengan perasaan kehampaan, merasa sunyi, tidak memiliki teman, terisolasi dan tidak adanya seseorang yang memahami akibat dari ketidaksesuaian hubungan sosial yang diharapkan dengan kenyataan kehidupan interpersonal yang menyebabkan terhambatnya atau berkurangnya hubungan sosial yang dimiliki seseorang.(https://www.kajianpustaka.com/)

Berikut tiga tipe kesepian dan cara menghadapinya menurut Suzanne.
1. Kesepian Eksistensial
2. Kesepian Emosional
3. Kesepian Sosial

Misalnya ketika kamu ada di kerumunan acara, tak mengenali siapapun, dan tak nyaman berinteraksi dengan orang baru, perasaan kesepian sosial mungkin akan muncul. Jika kamu merasa keberadaanmu tidak bernilai bagi kelompok atau lingkaranmu, kamu mungkin mengalami kesepian sosial.
(https://www.liputan6.com/)

Ketidakpastian adalah parameter terkait dengan hasil pengukuran, yang mencirikan dispersi dari nilai-nilai yang cukup dapat dikaitkan dengan objek yang diukur. Ketidakpastian memiliki dasar probabilistik dan mencerminkan pengetahuan yang tidak lengkap dari besaran tersebut. Dengan kata sederhana, ketidakpastian adalah keraguan yang muncul tentang hasil setiap pengukuran.
(https://www.tentorku.com/)


Beberapa jenis ketidakpastian beserta sumbernya yang biasa kita jumpai.
1. Ketidakpastian bersistem 
2. Ketidakpastian rambang
3. Kesalahan pengamat
contoh dari seseorang yang mengidap penyakit kritis dan harus segera ditangani dengan prosedur operasi. Keputusan operasi yang dilakukan oleh dokter tersebut terkadang diambil secara cepat sebelum kondisi yang terkena penyakit tidak semakin memburuk. Seorang dokter hanya melihat dari gejala-gejala yang ditunjukkan oleh pasien tersebut, dan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya, dokter tersebut sudah langsung dapat menyimpulkan tindakan apa yang harus cepat dilaksanakan. Berbeda dengan pengambilan keputusan berdasarkan risk based, dimana cara ini biasa ditemukan di dalam suatu organisasi yang menerapkan manajemen risiko.(https://crmsindonesia.org/)

Ketidakpastian dapat dikelola dengan mengambil pendekatan yang tepat.
1. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan jangan khawatir tentang yang lain
2. Jalani kehidupan Anda seperti yang Anda lakukan, bebas dari ketidakpastian
3. Bawalah kepastian untuk hal-hal penting dan abaikan hal-hal lainnya.(https://www.kompasiana.com/)
Ayat – ayat Al-qur’an dalam mengataasi ketidakpastian
Berikut ini pernyataan Al-Quran tentang mengatasi ketidakpastian atau keragun dalam contoh keraguan terhadap kitab suci Al-Quran yaitu : Al-Baqarah (2) : 23
وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
” Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”




0 komentar:

Post a Comment