Friday, March 20, 2020

Manajemen Layanan Sistem Informasi pada masyarakat








Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode yang mengelola Sistem Informasi (SI) dan secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan Sistem Informasi terhadap bisnis perusahaan.

Manajemen Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya. Disiplin tersebut tidak memperdulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi, melainkan disiplin tersebut memfokuskan pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis Teknologi Informasi dengan pengguna Teknologi Informasi.


  • Manfaat dari Manajemen Layanan Sistem Informasi diantaranya:
  1. Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Hal ini memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi tersebut.
  2.  Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semua akan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi.
Karena kemajuan jaman, maka penerapan Manajemen Layanan Sistem Informasi dibungkus menjadi lebih mudah digapai dan juga lebih mudah digenggam. Untuk itu, banyak perusahaan mempermudah masyarakat dengan adanya internet dan teknologi.
Sebagai awalnya Manajemen Layanan Informasi masuk ke dalam Web. Karena pada masa adanya internet, smart phone belum ada. Sehingga masyarakat mengandalkan website yang hanya dapat diakses melalui PC atau laptop pribadi. Semakin maju perkembangan jaman dan dengan adanya smart phone, maka perusahaan penyedia layanan atau instansi penyedia layanan pun mulai membuat sistem yang dapat diakses ke dalam smart phone.
Mengapa smartphone atau mobile ? Karena melalui website, sudah tidak bisa dikatakan fleksibel. Dimana masyarakat harus membukanya dengan web browser, dan membutuhkan koneksi yang lumayan besar. Sedangkan dengan mobile, masyarakat dapat menggunakannya secara fleksibel dan juga mengurangi biaya koneksi yang dibutuhkan.

Sebagai contoh Ruang Guru. Ruang Guru awalnya adalah layanan pendidikan berbasis web. Namun Ruang Guru mengubahnya kedalam bentuk mobile, sehingga dapat diakses dengan lebih mudah.













sumber;
https://shavirapv.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
https://manggalahesthawa.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/

0 komentar:

Post a Comment