Saturday, March 26, 2016

Hubungan Timbal Balik Manajemen dan Organisasi

Minggu, 27 Maret 2016

Membuat Kerangka Hubungan Timbal Balik Manajemen dan Organisasi

Membuat kerangka hubungan timbal balik manajemen dan organisasi
Minggu, 27 Maret 2017
A.Pengertian Manajemen
adalah suatuproses dimana yang berhubungan dengan bagaimana (how) cara/metode yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • pengertian manajemen terdiri dari :
1. manajemen sebagai proses
melihat bagaimana cara seseorang untuk mencapai tujuannya. proses yang digunakan.
2. manajemen sebagai kolektivitas manusia
merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerjasama satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. manajemen sebagai suatu ilmu
segala macam aturan yang dituangkan dalam kaidah-kaidah perilmuan.
4. manajemen sebagai seni
suatu proses untuk mengarahkan orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Tingkatan Manajemen
a. perencanaan manajemen (top manajer).
merencanakan jangka panjang.
b.middle manajemen
bertanggung jawab dalam hal pelaksanaan.
c.low manajemen
pengendalian operasional.
  • Fungsi-fungsi manajemen:
1.planning
2.organizing
3.staffing
4.directing
5.controling


B. Pengertian Organisasi
organisasi adalah suatu tempat(wadah) berkumpulnya orang-orang yang mempunyai satu tujuan yang sama dimana untuk mencapai tujuan tersebut harus memiliki suatu sistem yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut.

C. Pengertian Tata kerja
a. Tata kerja adalah cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisen yang maxsimal.
b. Prosedur merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
c. Sistem merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.


  • Manajemen dan organisasi

suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajeman untuk mencapai tujuan.
  • Manajemen dan Tata kerja
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini.
a. Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
manusia;


b. Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.


c. Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.

Seperti telah disebutkan di atas bahwa manajemen itu suatu seni mengatur orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi atau unit pelayanan maka manajemen tersebut mempunyai suatu proses. Dan berbagai pendapat para ahli dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa prosen manajemen itu dapat digambarkan sebagai berikut :



Dari gambar di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

(http://tedyeszet.blogspot.co.id/2014/09/membuat-kerangka-hubungan-timbal-balik.html#)

0 komentar:

Post a Comment