Sunday, November 17, 2019

Strategi Bisnis Online

Nama : David Bahtiar
NPM : 1B119015
Kelas : 4KA30 (Ekstensi)

Matkul : Inovasi SI & New Technplogy #










Dalam memasarkan produk secara offline maupun online, strategi pemasaran tetap lah suatu hal yang penting. Dengan strategi yang tepat, penjualan produk maupun jasa pun akan semakin bisa dimaksimalkan. Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online.

1. Buat situs online shop di halaman pertama pencarian

Akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda bisa membuat situs online shop yang mana bisa berada di urutan pertama mesin pencarian. Selain memudahkan bertemu dengan pelanggan baru, hal ini tentu dapat meningkatkan citra usaha yang sedang dijalani tersebut.
Untuk bisnis yang satu ini, Anda bisa menyewa jasa SEO atau search engine optimization yang bisa membantu untuk meningkatkan ranking situs toko online. Saat ini ada cukup banyak yang menyediakan jasa tersebut. Yang dibutuhkan hanya mencari yang sudah berpengalaman, dapat dipercaya dan memberikan hasil yang nyata.

2. Maksimalkan jaringan dan relasi

Dalam bisnis memiliki jaringan yang luas adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, Anda bisa memasarkan barang atau jasa yang ada dalam jangkauan yang luas. Dan kesempatan untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik dengan barang atau jasa tersebut pun semakin banyak.
Untuk membangun jaringan yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Tidak hanya itu, pengusaha online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal pemasaran secara online.
Dalam hal ini, Anda harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu. Karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk yang kdijual. Contohnya, Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar Anda.

3. Tambahkan konten marketing yang menarik

Bukan melulu menjual barang atau jasa yang dimiliki saja, Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Media pemasaran ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.
Misalnya, jika Anda menjual produk-produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari. Hal ini sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan setia agar tidak bosan untuk berkunjung ke toko online kita.
Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya, Anda juga tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak lain yang menawarkan jasa pembuat konten untuk website. Jadi, Anda bisa mencari yang terbaik di luar sana untuk bekerja sama.

4. Maksimalkan penggunaan digital marketing

Integrated digital marketing dalam sebuah bisnis layaknya seperti efek bola salju. Bola salju yang awalnya tidak seberapa akan menjadi semakin besar ketika ia menggelinding semakin jauh. Dalam bisnis, fenomena ini dijadikan sebuah teknik memulai usaha dari kecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Meskipun kecil, bisnis yang kita kerjakan bisa jadi besar selama kita telaten dalam menjalankan bisnis tersebut. Rencana pemasaran dengan pola ini berarti Anda membuat suatu hal kecil untuk sebuah tujuan jangka panjang. Jadi, strategi pemasaran bisnis online yang dikerjakan harus terintegrasi satu sama lain dan mengarah pada goal atau tujuan akhir usaha.

5. Platform Understanding

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.
Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. Apalagi mengingat penggunaan sosial media sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaranmu semakin baik.

6. Miliki Target sebagai Landasan Awal

Dalam bisnis, target pemasaran menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk selalu memetakan target pasar untuk waktu tertentu. Strategi pemasaran bisnis online ini dilakukan karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk yang dijual.
Jadi, milikilah target pasar tertentu. Bidik kalangan tertentu saja yang akhirnya akan membuatmu lebih mudah dalam memilih strategi pemasaran yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal. Misalnya, target pasar Anda adalah kalangan muda maka buatlah pemasaran yang terkesan gaul dan tidak ketinggalan zaman.

7. Manfaatkan Facebook Marketing untuk Pasang Iklan

Meskipun bermunculan banyak media sosial lain, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak dipakai oleh orang-orang dari berbagai kalangan dan usia. Karena itu Facebook tetap menjadi pasar yang potensial dalam bisnis online.
Karena itu, jangan remehkan keberadaan Facebook dan aktiflah untuk memasarkan produk yang ingin jual di situs media sosial yang satu ini agar penjualan pun bisa semakin bertambah.

8. Bergabunglah dengan marketplace

Selanjutnya adalah untuk bergabung dengan marketplace atau e-commerce. Saat ini bukan rahasia lagi jika bisnis online sudah semakin menjamur. Namun, sayangnya ada pihak-pihak tertentu yang melakukan penipuan dengan kedok online shop.
Untuk membuat para pelanggan tidak takut untuk berbelanja online, bergabung dengan e-commerce atau marketplace bisa menjadi sebuah jalan yang tepat. Disini karena pembayaran akan lebih aman karena adanya pihak ketiga yang bertanggungjawab.
Dengan bergabung ke marketplace atau e-commerce, Anda juga berkesempatan untuk bertemu para pelanggan baru yang mencari produk yang sesuai dengan deskripsi produk yang dimiliki. Hal ini pun bisa meningkatkan citra produkmu di masyarakat.

9. Coba Google Adwords

Jika Anda ingin memanfaatkan mesin pencari Google, cobalah Google AdWords. Nyatanya para konsumen online saat ini kebanyakan akan mencari review dan memulai pencarian produk yang dibutuhkan melalui Google.
Karena itu, Google AdWords menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat karena untuk keyword, lokasi, atau topik tertentu yang dicari oleh pengunjung, jika itu berkaitan dengan bisnis Anda, maka iklan bisnis yang dimiliki akan keluar di halaman teratas mesin pencarian Google.
Demikianlah beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online yang sedang ditekuni. Jangan lupa untuk tetap semangat dalam menekuni bisnis karena sesuatu yang besar berawal dari hal kecil yang dilakukan secara tekun.

10. Mulai dengan Kalimat Singkat, Padat, dan Jelas
Kalimat pembuka yang singkat, padat, dan jelas ini adalah kesempatan awal untuk menarik minat pembaca. Caranya, jangan membuat konten yang bertele-tele tetapi juga tidak sesingkat-singkatnya. Berikan perhatian khusus di mana pembaca sebagai calon konsumen menjadi tertarik membaca sampai akhir. Anda dapat membuat paragraf dengan memaparkan fakta-fakta yang menarik tentang konten yang akan di-post atau kalimat-kalimat yang memancing emosi, rasa penasaran pembaca, atau suatu masalah yang banyak dialami sasaran pasar Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kalimat tanya. Karena menurut penelitian, kalimat tanya secara psikologi memengaruhi minat baca seseorang.
11. Tambahkan Gambar atau Foto
Gambar merupakan salah satu daya tarik dalam sebuah konten. Maka jangan lupa untuk memasukan elemen gambar yang menarik dan berwarna. Coba saja Anda pikirkan, apakah Anda tidak bosan jika membaca sebuah konten yang berisi tulisan saja? Bosan bukan. Hal yang sama juga dirasakan oleh pembaca jika konten yang Anda tulis hanya berisi tulisan. Konten gambar juga akan sangat berpengaruh jika media strategi pemasaran yang dilakukan bisnis online melalui social media seperti Instagram dan Facebook. Untuk mencantumkan gambar, Anda juga tidak boleh sembarangan asal cantum saja. Perhatikan beberapa tips berikut ini
  1. Gambar yang dicantumkan dalam media pemasaran dari bisnis Anda adalah gambar produk yang sesungguhnya (bukan palsu).
  2. Cantumkan gambar dengan kualitas yang tinggi dan terbaik.
  3. Jika pemasaran dilakukan pada website atau blog atau semacamnya maka cantumkan gambar untuk setiap 300 kata; selain itu ukuran gambar sebaiknya tidak terlalu besar cukup yang sedang atau kecil yang penting menarik.

12. Gunakan Hashtag

Hashtag merupakan bentuk lain dari tag atau keyword yang dapat terhubung ke berbagai platform online. Selain itu, hashtag dapat digunakan untuk memudahkan konten menjadi viral, hashtag juga dapat digunakan saat bisnis atau konten Anda ingin mendapat perhatian di social media. Sehingga untuk penerapannya, Anda dapat menambahkan hashtag untuk setiap konten dari bisnis online yang akan Anda post atau shareHashtag ini berupa kata kunci target di bagian deskripsi konten Anda. Menurut  penelitian Dan Zarrella, penggunaan hashtag dapat meningkatkan kemungkinan repost atau retweet sampai 55% dibanding konten yang tidak menggunakan hashtag. Dengan begitu, hashtag akan berpengaruh terhadap pencarian produk bisnis Anda.

13. Publish di Waktu yang Tepat

Tahukan Anda ada waktu-waktu yang dianggap mujarab oleh seorang pelaku usaha untuk memposting kontennya? Pelaku bisnis online yang sudah memiliki jam terbang tinggi biasanya paham mengenai waktu-waktu yang dianggap “mujarab” untuk melakukan posting. Waktu-waktu ini sebenarnya bergantung dari tempat tinggal dan sasaran konten yang Anda buat. Namun, pembahasan kali ini adalah dalam lingkup Indonesia.
Berdasarkan informasi dan data yang pernah penulis baca, waktu yang paling tepat untuk melakukan posting agar mendapat social share yang tinggi yakni sekitar jam 11.30 hingga 13.00 serta sekitar pukul 20.00 sampai 22.00. Coba perhatikan waktu-waktu tersebut, itu adalah waktu sekitar istirahat makan siang dan saat menjelang tidur. Selain itu, berdasarkan pengalaman juga terdapat tambahan waktu yaitu sekitar jam 07.00 pagi sebelum bekerja dan jam 16.00-18.00 setelah selesai kerja. Waktu-waktu  tersebut memang sangat berpengaruh terhadap social share dari konten yang di post. Hal ini karena saat-saat tersebut merupakan waktu senggang orang-orang dimana mereka dapat memperhatikan konten pada sosial media lebih detail.
14. Tambahkan Tombol Share
Untuk cara nomor 5 ini, khusus dilakukan jika Anda menggunakan website atau blog sebagai media penjualan bisnis online. Agar postingan mudah viral maka dalam situs website atau blog dibuat yang ramah untuk berbagi di social media. Maka dari itu, tambahkan tombol share sosial ke template website atau blog bisnis Anda. Jadi pastikan jika Anda tidak memposting di situs Anda maka target Anda memiliki tombol share ke berbagai social media. Sehingga saat ada sebuah artikel yang menarik di mata pengunjung atau konsumen, mereka dapat melakukan share secara langsung ke akun sosial media mereka masing-masing.


sumber

0 komentar:

Post a Comment